RSS

Hak Asasi Tenaga Kerja Indonesia

10 Feb

Tenaga Kerja Indonesia

Sering kita mendengar berita di televisi atau internet tentang nasib tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Ada yang dianiaya sampai kabur dari tempat kerja, ada yang sampai meninggal, bahkan bunuh diri. Anehnya, kebanyakan TKI-TKI ini sengsara sewaktu kerja di negara-negara atau rumah tangga-rumah tangga yang mengaku beragama Islam. Setahu saya di Al-Qur’an kita tidak diajari untuk saling menganiaya dan menyakiti, merampas upah kerja orang lain, dan pelecehan seksual. Kira-kira aliran Islam apa ya yang mereka praktekkan?

Tetapi, di lain sisi, pemerintah Indonesia juga masih lemah dalam melindungi para TKI di luar negeri. TKI-TKI yang akhirnya mendapat pertolongan dari pemerintan (dan biasanya juga sudah terlambat) adalah TKI-TKI yang berhasil diliput oleh media. Undang-undang yang mengatur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia No. 39 tahun 2004 memiliki 109 pasal, tetapi hanya 8 pasal yang melindungi para BMI (Buruh Migran Indonesia)/TKI. Sudah jelas bahwa perlindungan mereka bukanlah sebuah prioritas. Hargailah para TKI, di manakah hak asasi manusia mereka? Mereka adalah ‘pahlawan devisa’ negara kita.

Adanya Tenaga Kerja Indonesia atau Buruh Migran Indonesia adalah bukti bahwa pemerintah Indonesia gagal dalam beberapa hal. Yaitu, gagal dalam menciptakan lapangan kerja yang cukup di Indonesia untuk masyarakatnya sendiri. Selain itu pemerintah Indonesia juga gagal untuk membuat pendidikan yang lebih terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat, karena pendidikanlah yang bisa membuat masyarakat kita mendapatkan lapangan kerja. Semoga di tahun 2011, nasib mereka membaik dan perlindungan pemerintah untuk para TKI/BMI lebih ditingkatkan.

 
Leave a comment

Posted by on February 10, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: