RSS

Tugas 2 Kewirausahaan

12 Nov

Nama               : Chuwairul Muchazis Hakim

Kelas               : 4ID03

NPM               : 35409636

Keterangan      : Tugas 2

Mata Kuliah    : Kewirausahaan

 

 

Tugas 2 Kewirausahaan, 12 November 2012

Image

Platinoem band merupakan sebuah grup band yang berformasikan lima mahasiswa yang berprestasi dibidang akademisi yang mendapatkan beasiswa penuh dari salah satu Universitas swasta terkemuka. Personil band Platinoem adalah Donny (Drums), Sam  (Lead & Layer Vocal), Candra (Bass & Backing Vocal), dan Angga (Acoustic & Electric Guitar, Backing Vocal). Merupakan suatu keberuntungan yang sangat luar biasa bagi para personil Platinoem, karena bukan hanya beasiswa yang diraih, tetapi juga mendapatkan dukungan penuh dari kampusnya dalam hal bermusik hingga mewujudkan mimpi para musisi untuk melahirkan sebuah karya album. Hal ini terlihat bahwa mereka telah membuat album dan masing-masing album mereka terlibat kerjasama dengan musisi ternama, seperti Yovie Widianto yang mempercayakan Platinoem band untuk membawakan dua karya ciptaannya yaitu bukan untukmu dan biarkanlah. Tidak hanya Yovie Widianto, Platinoem band juga mengajak beberapa musisi Aria Baron (founder/fit, Gigi, Baron’Soulmates), Ronald (ex Drummer Gigi, DR.PM), Dody is (Kahitna), dan Diat (Yovie & Nuno). Dari album yang diciptakan oleh musisi lain maupun yang diciptakan oleh personil Platinoem band itu sendiri sangatlah berbeda.

Dengan mereka melahirkan sebuah karya album, ternyata belum cukup untuk membuat band mereka sukses dan booming di pelantika musik. jika memang grup band mereka ingin lebih sukses di dunia industri permusikan Indonesia, mereka harus menciptakan karya lagu baru yang bagus dan enak untuk didengaroleh masyarakat Indonesia dan juga membuat suatu ciri khas dalam grup band agar mereka dapat mengangkat nama band mereka menjadi terkenal.

Untuk meraih kesuksesan dalam sebuah grup band diperlukan faktor-faktor yang dapat membuat sebuah grup band menjadi maju dan terkenal di dunia permusikan, antara lain:

 

1. Harus mempunyai tujuan

Memiliki tujuan yang jelas adalah hal yang paling utama dalam sebuah band yang ingin sukses. Dengan mempunyai tujuan yang jelas maka band tersebut dapat menentukan kearah mana band tersebut akan dibawa. Dalam industri musik persaingan sangatlah keras. Kebanyakan label rekaman, manager, produser musik enggan bekerja sama dengan band yang tidak jelas arah dan tujuannya. Mereka lebih memilih untuk bekerjasama dengan musisi yang memiliki tujuan yang jelas dan cekatan.

2. Mempunyai identitas dan ciri khas dalam Bemusik

Banyak sekali sekarang kita temukan band-band baru yang tidak mempunyai ciri khas tertentu yang menandakan identitas band mereka masing-masing atau dengan kata lain band-band tersebut hanya menjadi pengikut dari band terkenal sebelumnya. Kita memang boleh mengagumi suatu band dan ingin seperti band tersebut, namun tidak boleh sepenuhnya mengikuti band tersebut. Band kamu harus tetap memiliki ciri khas tersendiri, bahwa ketika khalayak mendengarkan musik kamu atau sedang melihat acara band, orang banyak tersebut mengetahui bahwa itu adalah band kamu. Orang akan menganggap musik kamu tidak bermutu apabila band kamu tidak memiliki ciri khas tertentu yang membedakan band kamu dari band-band lainnya. Jadi apabila kamu ingin menjadi musisi yang dapat diterima oleh khalayak banyak, kamu harus mempunyai identitas dan ciri khas yang menandakan band kamu, baik dalam warna musik anda maupun gaya berpenampilan dan aksi-aksi panggung band kamu.

 

3. Menjalani sebuah proses

“Proses” inilah yang paling penting dalam membuat suatu band menuju kesuksesan. Banyak band yang hanya memikirkan bagaimana bandnya bisa sukses saja, namun melupakan apa yang dinamakan dengan “proses ” Intinya adalah bagaimana kita fokus kepada proses, bukan kepada hasil semata-mata. Jika kita fokus kepada hasil saja, maka terkadang kita merasa cepat puas dengan hasil yang kita dapat. Padahal sebenarnya masih banyak potensi/bakat kita yang dapat digali lebih dalam. Proses merupakan sebuah jalan panjang yang harus dilalui, begitu banyak kendala ataupun rintangan ke depannya tetapi tentunya proses tersebut dengan sendirinya akan mematangkan kita dalam bermusik, baik itu kualitas musik yang dihasilkan ataupun membuat penggemar semakin mencintai musik kita. Banyak band yang kemudian menjadi patah semangat untuk mencoba kembali bersaing. Dalam dunia musik jika hanya menunggu untuk ditemukan. Kesuksesan tidak mungkin terjadi apabila kita hanya berdiam diri saja. Mereka berkata “saya sedang menunggu sukses!”. Kesuksesan dapat kita raih bukan ditunggu. Jadi tidak ada lagi kata-kata menunggu dalam dunia musik.

 

4.   Media

Pemanfaatan media sangat mendukung band dalam mendukung dalam kemajuan serta kesuksesan dalam sebuah band. Ini mencakup diantaranya industri musik yang mencakup majalah-majalah, surat kabar, radio, televisi. Sebuah band atau artis yang ingin sukses akan berkesinambungan melakukan promosi-promosi bagi karirnya, hal ini sangatlah berpengaruh besar bagi kemajuan band dan dapat menyebabkan “perhatian” bagi label rekaman untuk dapat dikontrak. Berusahalah untuk selalu “tampil” sebanyak mungkin di depan banyak orang. Manfaatkanlah peran media dengan maksimal agar band kamu dapat dikenal oleh banyak kalangan.

 

5. Harus memilih pemandu karier (manajer) yang professional

Manajer merupakan salah satu penunjang agar band dapat sukses,karena salah satu tanggungjawab dari manajer personal band adalah membantu band mengambil keputusan yang berhubungan dengan band tersebut. Hal ini tidak luput dari manajer-manajer band yang sudah profesional, terkadang mereka tidak ingin memanajeri band-band baru dengan berbagai alasan, seperti sudah banyaknya band yang sudah mereka manajeri. Hal tersebutlah yang membuat kemudian suatu band mengambil keputusan mengambil manajer bandnya secara asal-asalan, Salah satunya adalah dengan meminta kawannya untuk memanajeri bandnya tersebut. Yang kemudian terjadi justru sang teman tadi cenderung menjadi seorang booking agent dibandingkan manajer personal band, karena biasanya lebih gampang mencarikan panggung daripada memandu karir musik band tersebut. Jika kamu ingin mencari manajer carilah seorang manajer yang profesional. Apabila teman-teman kamu ingin membantu band kamu, mereka bisa menjual tiket atau belajar menjadi kru band kamu (membantu memasangi alat-alat band kamu). Jangan pertaruhkan karier band kamu di tangan seseorang yang sama sekali tidak memahami cara bekerja bisnis musik apalagi tidak berpengalaman sama sekali di dunia bisnis yang satu ini.

 

6. Kegigihan, Komitmen, dan Totalitas

Kegigihan, hal inilah yang sangat diperlukan dalam sebuah band. Banyak band yang telah manggung bareng selama lebih dari 10 tahun sebelum akhirnya mendapatkan kontrak rekaman! Inilah yang dinamakan dengan kegigihan. Keuletan seperti itulah yang dapat membawa artis/band ke puncak kesuksesan di bisnis musik. Band kamu bukannya harus menunggu 10 tahun atau lebih untuk menuju sukses, maksudnya disini bukanlah waktu namun apabila kamu mempunyai kegigihan dalam mengarungi suka maupun duka dalam merintis sebuah karir band, maka pintu kesuksesan dapat terbuka bagi band kamu..

Komitmen merupakan hal yang paling pokok dan penting dalam membangun sebuah band menuju kesuksesan. Berkomitmenlah dengan satu tujuan yaitu ingin berkarya dalam dunia musik secara profesional untuk mencapai tingkat kesuksesan bahkan kejayaan. Dengan berkomitmen seperti ini maka segala rintangan atau kesusahan yang melanda band akan diterima dengan ikhlas untuk dijadikan bahan pembelajaran bukan sebagai masalah yang kemudian membuat kamu menjadi menyerah. Dalam hal ini yang penting adalah masa depan bukan masa lalu. Jadi denganmempunyai komitmen yang jelas dan teguh maka sungguh pintu menuju kesuksesan dapat diraih dalam bisnis musik.

Totalitas adalah kunci dari kesuksesan sebuah band. Kalau kamu ingin menjadi band terkenal jangan pernah setengah-setengah dalam segala hal. Sebagai contoh apabila ingin manggung di acara musik, kamu harus memperhatikan kostum dan aksi panggung buat band kamu semenarik mungkin agar orang banyak dapat mengenal band kamu. Tentunya kualitas bermusik juga harus maksimal karena pada akhirnya kualitas musik jugalah yang menentukan band kamu nantinya. Kebanyakan band-band yang sudah terkenal bahkan yang sudah mencapai titik kejayaan berpendapat maksimal adalah kunci untuk mencapai semua itu.

 

Referensi:

  1. www.platinoem.com/
  2. http://kerockan.blogspot.com/2010/10/grup-band-baru-indonesia-cara-sukses.html

 

 

 
Leave a comment

Posted by on November 12, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: